General Orientation from FEP 2020

FEP (Freshmen Enrichment Program) adalah program orientasi untuk mahasiswa baru BINUS University. Terdiri atas 3 bagian, yaitu General Orientation (GO), Academic Orientation (AO), dan Campus Life Orientation (CLO).

General Orientation adalah bagian paling pertama dari serangkaian program FEP, dilaksanakan selama sepekan (6 hari lebih tepatnya), dan terbagi atas beberapa gelombang.

Dalam General Orientation mahasiswa baru akan dikenalkan lebih dalam tentang BINUS melalui materi-materi dari sesi yang ada, dibimbing oleh BC (Buddy Coordinator), dan bersenang-senang dengan teman baru.

Nah, begini pengalaman saya mengikuti General Orientation sebagai Binusian 2020:

 

Day 1 (Briefing)

Jadi, 8 Agustus 2016, saya harus sudah ada di kampus jam 9 pagi, bahkan 30 menit sebelum itu. Jadwal FEP GO hari pertama itu adalah Briefing. Dari jam 09.00 sampai jam 13.00, “Why would a briefing be 4 hours long?” I said. I’ll tell you later.

Yang harus dipersiapkan untuk GO hari pertama adalah kartu FEP, Binusian Flazz Card, dan alat tulis. Buku… opsional untuk dibawa, karena nantinya akan dibagikan binder yang berisikan informasi-informasi penting mengenai perkuliahan dari mulai FEP hingga lulus. Tapi itu dibagikannya di hari kedua nanti. Heheh :p.

BINUS Syahdan is like a maze for someone who has never set his foot there. If someone would hand me a map of BINUS Syahdan that day, it would be very handy. I climbed a couple of wrong stairs, took some wrong turns, and sweat a lot. Meanwhile, it was actually very easy to reach my room, L2A. It was on the 2nd floor, L section, room A. LOL.

Ya, setelah jam 9 lewat, saya akhirnya sedikit mengerti kenapa jadwal berjudul briefing ini memakan waktu hingga 4 jam. Ada sekitar 60 mahasiswa baru dalam satu ruang kelas, dan seperti hari pertama sekolah pada umumnya, semua memperkenalan diri satu persatu. Begitu pula dengan BC-nya. Kebetulan kelas saya dipegang 11 orang BC, it was a challenge for me to memorize their names since I’m awful at memorizing names.

Setelah sesi perkenalan, sesuai dengan judul jadwal hari pertama, dijelaskan aturan-aturan dalam FEP seperti pakaian putih-hitam-hitam dan wajib bawa makanan/bekal karena dilarang jajan. Ya, dilarang jajan. Kami juga dikenalkan dengan Mars Binus dan Mars Binusian beserta sikap ketika & setelah menyanyikannya. Selain Mars Binus dan Binusian, FEP 2020 juga punya yel-yel Buddy yang harus dihapalkan karena akan ditampilkan di hari terakhir nanti.

Dan ternyata sudah jam 1 siang. Hoho. Salam kenal semua.

 

Day 2

Masih dalam suasana belum kenal banyak orang, saya memilih untuk duduk dengan teman-teman perempuan lainnya. Walau akhirnya posisi duduk diacak lagi oleh BC. Sad. Tapi kalau ga gitu ya nanti ga kenal-kenal sama yang lain.

Hari kedua materinya adalah Binusian Journey. Binusian Journey memberi gambaran/penjelasan tentang perjalanan yang akan ditempuh oleh Binusian selama berkuliah hingga lulus nantinya.

 

Day 3

Materi hari ketiga ini penting, karena materinya Binus Maya. Semua materi itu penting sih sebenernya. Hoho.

Binus Maya… vital sekali. Jadwal kuliah, materi kuliah, tugas dari dosen, notifikasi tagihan, event kampus, dan lain-lain semuanya ada di sana. Make sure you know how to use it well, guys. Saya juga masih belajar-belajar. Maka dari itu… jangan malu untuk tanya-tanya ke BC soal Binus Maya.

Nah, seperti orientasi-orientasi pada umumnya. Yel-yel kelas juga dibutuhkan. Semakin cepat yel-yel jadi, semakin sedikit jadwal pulang sorenya. Karena yel-yel ini harus direkam dan diupload ke youtube nantinya. Don’t be shy, smile for the camera.

Selain itu, kebetulan di tahun 2016 ini BINUS berulang tahun yang ke-35. Jadi, habis berkreasi dengan yel-yel, kami harus berkreasi juga untuk memeriahkan ulang tahun ke-35 BINUS.

35 years of BINUS for a greater Nusantara, Happy Birthday BINUS!

 

Day 4

BUNGA RAMPAI! Harus datang pagi-pagi karena ini di auditorium, bingung nanti ketinggalan mobilisasi. Saya waktu itu ketinggalan mobilisasi soalnya motornya mogok, thanks mas montir.

Bunga Rampai adalah sesi UKM untuk unjuk kebolehan. Siap-siap dibuat terpukau oleh tiap-tiap UKM dan jangan lupa siapkan dompet untuk expo di hari Sabtu karena ada beberapa UKM yang daftarnya bayar.

Ketika Bunga Rampai akan dibagikan brosur-brosur dari semua UKM, disimpan ya brosurnya, jangan dibuang; apalagi ditinggal di auditorium, karena isi brosur cukup penting, mulai dari macam-macam kegiatan UKM sampai biaya pendaftaran. UKM di Binus semuanya menarik. Boleh dicoba satu-satu, semoga cepat ketemu dengan fokusnya.

UKM juga penting untuk tambah pengalaman berorganisasi, kenalan, teman, pelajaran, dan banyak lagi. Tapi yang paling penting adalah melatih soft skill.

 

Day 5

Dandan yang rapi karena hari ini ada sesi bersama rektor di Binus Way. Tapi selain itu juga ada 2 materi lainnya untuk menunjang kuliah (Perkuliahan, Ujian, dan Registrai) dan hidup (Kerohanian).

Binus Way mengenalkan lebih dalam lagi tentang Binus, seperti sejarah awal berdirinya hingga sekarang, visi & misi Binus, juga prestasi-prestasi yang telah diraih Binus.

 

Day 6

This is it, the last bit of GO. Dibuka dengan sesi Kebersamaan di mana masing-masing kelas unjuk gigi dengan yel-yel kreasinya dan bersenang-senang bersama di area parkir(?) BINUS Syahdan. Untungnya pagi itu langit mendung jadi ga panas.

Oh ya, kami diharuskan untuk menulis surat (kesan dan pesan) untuk para BC. Yea, congratulations, me! I had to write 11 letters for 11 BC in a night that day. Tapi menyenangkan ya bikin orang lain senang.

Sesi berikutanya adalah EXPO! Silahkan tanya-tanya tentang UKM yang diminati dan daftar jika sesuai dengan hati. PS: Keliling BINUS Syahdan makes you sweat, andai waktu itu bawa kipas.

Setelah puas daftar-daftar UKM… boleh diingat lagi kalau rangkaian General Orientation sudah selesai. Tinggal inaugurasi habis itu resmi jadi mahasiswa Binus. Enjoy your time foto-foto dengan BC dan teman-teman sekelas. Selamat menjalani AO!

Author: yasquit

Hi, people make mistakes when typing, including me, especially on touchscreens. Yet here I am writing a blog. Hello world.